Friday 4 May 2012

Fungsi Disk Defragmenter


Pada kesempatan ini saya mau membahas mengenai Fungsi Disk Defragmenter pada windows XP. Mungkin teman-teman sudah tahu fungsinya, tapi saya mau berbagi dengan yang belum tahu :)
Fungsi Disk Defragmenter adalah mengatur / menata file yang ada di harddisk (HDD) supaya stabil. File yang tidak tertata dikarenakan kita sering membuka - menutup suatu aplikasi. Kalau kita membuka aplikasi otomatis windows kita mencari space disk yang kosong. Kalau space nya sudah hampir penuh komputer kita menjadi lambat.

Disk Defragmenter dapat di ilustrasikan seperti di sebuah ruang perpustakaan. Di dalam perpustakaan pasti terdapat banyak buku-buku yang dikelompokkan menurut kategorinya, misalnya buku komputer di tata dengan buku komputer yang sejenis / sama babnya. kalau buku IPA di tata dengan buku IPA, begitu juga dengan buku yang lain. Si peminjam pasti memilih-milih buku tersebut dan kalau sudah selesai membaca terkadang mengembalikan buku tersebut tidak pada tempaynya. Mungkin ditaruh di rak buku yang kosong karena terburu-buru mengembalikan buku tersebut. Kalau petugas perpustakaannya belum mengatur buku-buku yang belum tertata pasti pembaca lainnya akan kesulitan mencari buku yang ingin dicari karena posisi bukunya berantakan. Yang pasti petugas perpustakaan akan menata buku-buku yang posisinya tidak pada kategorinya menjadi lebih rapi agar pembaca lainnya lebih mudah dalam menemukan buku yang ingin dicari. Nah si petugas perpustakaan tersebut bisa dikatakan aplikasi yang disediakan oleh windows, yaitu Disk Defragmenter :)

1.Silakan Klik Start - All Programs - Accessories - System Tools - Pilih Disk Defragmenter

2.Kemudian, pilih drive yang akan di defrag. Misalnya drive C:





3. Silakan klik analyze untuk menganalisa file yang ada drive yang akan di defrag (drive C:). Jika ada file yang belum tertata pasti ada peringatan untuk mendefrag drive tersebut.

4. Silakan klik defragment. Tunggu prosesnya sampai selesai




5. Kalau prosesnya nanti ada dua pilihan yaitu view report dan close. Klik view report untuk melihat info drive Anda yang telah di defrag. Klik close untuk keluar.





0 comments:

Post a Comment


 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.